July 20, 2024

Apple cukup menjadi berita utama dengan meluncurkan iPhone 15 beberapa hari lalu. Beberapa peningkatan terbesar yang dibawa iPhone seri ‘Professional’ baru Apple mencakup bentuk titanium dan port USB Kind-C . Meskipun port USB Kind-C pada iPhone 15 Pro ternyata merupakan implementasi yang mudah, bodi titaniumnya tampaknya tidak sesuai dengan ekspektasi mengenai kekuatan ekstra, setidaknya dalam uji jatuh baru-baru ini.

YouTuber Populer PhoneBuff melakukan uji jatuh yang membandingkan Galaxy S23 Extremely dengan iPhone 15 Professional Max untuk menguji apakah bodi titanium yang ditingkatkan menawarkan beberapa manfaat di kehidupan nyata. Dia menggunakan lengan robotic untuk membuat pengujian seadil mungkin di luar kondisi laboratorium.

 

Setelah terjatuh dari ketinggian setinggi pinggang, bagian belakang iPhone pecah, dengan retakan lebar di sekeliling kaca bagian belakang. Sebagai perbandingan, Galaxy S23 Extremely mengalami retakan lebih kecil di kedua sudutnya. Meskipun berbodi titanium, kinerja iPhone lebih buruk dibandingkan Galaxy, yang memiliki bingkai aluminium dan perlindungan Gorilla Glass Victus 2 di bagian depan dan belakang.

Pada ronde kedua, YouTuber tersebut menjatuhkan kedua ponsel dengan salah satu sudutnya menghadap ke bawah. Dalam pengujian ini, rangka titanium iPhone menimbulkan percikan api saat bersentuhan dengan pelat beton. Rangka titaniumnya tidak mengalami kerusakan, namun rangka aluminium Galaxy S23 Ultra mengalami sedikit perubahan bentuk. Namun, kaca belakang iPhone mulai terlepas. Kedua ponsel berfungsi penuh setelah uji jatuh putaran kedua.

 

Pada pengujian ketiga, smartphone dijatuhkan dengan layar menghadap ke bawah. Layar kedua ponsel retak secara signifikan setelah pengujian ini, tetapi Galaxy S23 Extremely mengalami sedikit kerusakan karena layarnya yang melengkung. Namun, kedua ponsel tetap berfungsi dengan sempurna, dan pembaca sidik jari dalam layar Galaxy S23 Extremely juga berfungsi. Setelah babak uji jatuh terakhir, di mana kedua ponsel dijatuhkan dari titik yang lebih tinggi. Galaxy S23 Extremely tampak serupa setelah uji jatuh sebelumnya, tetapi iPhone 15 Pro Max menunjukkan lebih banyak pecahan kaca di bagian depan dan belakang.

Setelah mendapatkan poin rata-rata dari keempat putaran uji jatuh, Galaxy S23 Extremely memenangkan pengujian tersebut meskipun menampilkan bingkai aluminium. Jadi, sepertinya tidak ada manfaat nyata yang signifikan dari memiliki titanium, setidaknya dengan penerapan Apple.

Galaxy S24 Extremely dikabarkan memiliki bodi titanium , dan kami berharap ini menghadirkan kekuatan yang lebih baik dibandingkan Galaxy S23 Extremely. Hal tentang titanium adalah lebih kuat dari aluminium dengan bobot yang sama, tetapi Apple menggunakan titanium untuk mengurangi bobot iPhone 15 Professional sebesar 19g dibandingkan pendahulunya, jadi bagaimanapun juga tidak akan lebih kuat. Sebagai perbandingan, Galaxy S24 Ultra diperkirakan akan memiliki bobot yang sama seperti pendahulunya, jadi kami berharap dapat melihat beberapa keunggulan dari bingkai titanium yang dikabarkan dibandingkan dengan Galaxy S23 Extremely.